%T PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP DISIPLIN SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 %L eprintsunpak3940 %D 2019 %X ABSTRAK Iis Nurfaizah, 037115005 Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Disiplin Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan melalui metode survey dengan pendekatan kausal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap disiplin siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh persamaan Ŷ=39,28+0,52X. Selanjutnya, hasil signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung= 5,907 sedangkan ttabel dengan α =0,05 sebesar 2,021. Perbandingan kedua nilai diperoleh thitung>ttabel yang menunjukan bahwa pengaruh antara lingkungan sekolah (X) dengan disiplin siswa (Y) bersifat positif dan signifikan. Kekuatan pengaruh lingkungan sekolah terhadap disiplin siswa menghasilkan koefisien (r) = 0,5920 yang menunjukkan terdapat hubungan yang sedang antara lingkungan sekolah dan disiplin siswa dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,35. Artinya kenaikan disiplin siswa dipengaruhi oleh lingkungan sekolah sebesar 35%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap disiplin siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 2 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Disiplin Siswa, Lingkungan Sekolah %I Universitas Pakuan %A Iis Nurfaizah %A Rais Hidayat %A Ratih Purnamasari