TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3941/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Hanifah A1 - Triasianingrum A1 - Yani, Indri TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET MATERI PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ID - eprintsunpak3941 Y1 - 2020/07/03/ N2 - Hanifah. 036116010. Pengembangan media pembelajaran e-booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Triasianingrum, S.,U dan Indri Yani, M.Pd. Dunia pendidikan senantiasa berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di era digital adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media ajar e-booklet untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik pada materi plantae. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain 4-D (Define, Desaign, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Populasi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik MAN 1 Kota Bogor kelas X MIPA-2 tahun akademik 2019/2020 sebanyak 36 orang peserta didik. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-postest.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, validasi guru dan instrumen pilihan ganda. Hasil validasi media ajar dapat dikategorikan sangat valid dan memenuhi kriteria. Hasil pada segi aspek format, isi dan bahasa memperoleh nilai diatas 87-100% termasuk kategori sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil nilai N-gain pretest dan postest menunjukan kriteria sedang yakni 55%. Hasil rat-rata Pretest sebelum menggunakan media ajar e-booklet yaitu 52 dengan kategori hasil belajar kurang dan hasil rata-rata Postest setelah menggunakan media ajar e-booklet sebesar 79 dengan kategori hasil belajar yang baik. Kata kunci : Media, Hasil Belajar, E-Booklet, Plantae ER -