eprintid: 3941 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/39/41 datestamp: 2022-09-01 02:52:38 lastmod: 2022-09-20 01:21:59 status_changed: 2022-09-01 02:52:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hanifah, creators_name: Triasianingrum, creators_name: Yani, Indri creators_NPM: 036116010 creators_NPM: 0018045502 creators_NPM: 04051287 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Triasianingrum, contributors_name: Yani, Indri contributors_NIDN: 0018045502 contributors_NIDN: 04051287 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET MATERI PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: Hanifah. 036116010. Pengembangan media pembelajaran e-booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Triasianingrum, S.,U dan Indri Yani, M.Pd. Dunia pendidikan senantiasa berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di era digital adalah dengan memperbaiki sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media ajar e-booklet untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik pada materi plantae. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain 4-D (Define, Desaign, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2020. Populasi sampel pada penelitian ini adalah peserta didik MAN 1 Kota Bogor kelas X MIPA-2 tahun akademik 2019/2020 sebanyak 36 orang peserta didik. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group pretest-postest.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, validasi guru dan instrumen pilihan ganda. Hasil validasi media ajar dapat dikategorikan sangat valid dan memenuhi kriteria. Hasil pada segi aspek format, isi dan bahasa memperoleh nilai diatas 87-100% termasuk kategori sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil nilai N-gain pretest dan postest menunjukan kriteria sedang yakni 55%. Hasil rat-rata Pretest sebelum menggunakan media ajar e-booklet yaitu 52 dengan kategori hasil belajar kurang dan hasil rata-rata Postest setelah menggunakan media ajar e-booklet sebesar 79 dengan kategori hasil belajar yang baik. Kata kunci : Media, Hasil Belajar, E-Booklet, Plantae date: 2020-07-03 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hanifah and Triasianingrum and Yani, Indri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET MATERI PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3941/1/2020%20P%20BIO%20Hanifah.pdf