eprintid: 3954 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/39/54 datestamp: 2022-09-01 02:50:53 lastmod: 2022-09-20 01:19:29 status_changed: 2022-09-01 02:50:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jannah, Miftahul creators_name: Sukmanasa, Elly creators_name: Handayani, Rukmini creators_NPM: 037115144 creators_NPM: 0429076901 creators_NPM: 0412078704 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_name: Handayani, Rukmini contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0412078704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR Penelitian Studi Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Miftahul Jannah. 037115144. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif jenis Kausal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Uji validitas interaksi sosial dan aktivitas belajar menggunakan rumus Koefesien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang diambil 46 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,660. Ini menunjukkan adanya pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, sedangkan koefesien determinasi (r2) sebesar 0,44 atau sebesar 44%. Hal ini berarti nilai kontribusi interaksi sosial terhadap aktivitas belajar sebesar 44, melalui persamaan regresi Ŷ = 42,36+0,56X. sisanya sebanyak 56% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara interaksi sosial terhadap aktivitas belajar pada peserta didik kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Semester Genap tahun pelajaran 2018/1019. Kata kunci: Interaksi Sosial dan Aktivitas Belajar. date: 2019-07-10 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Jannah, Miftahul and Sukmanasa, Elly and Handayani, Rukmini (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR Penelitian Studi Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3954/1/2019%20PGSD%20Miftahul%20Jannah.pdf