%T HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Penelitian Korelasional Ini dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gunung Putri 05 Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 %L eprintsunpak3960 %D 2019 %X ABSTRAK Tri Hartinah Apriliah. 037115009. Hubungan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional yang terdiri dari konsep diri sebagai variabel bebas dan kemandirian belajar siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V-A, V-B dan V-C dengan jumlah sampel sebanyak 53 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa dengan persamaan regresi Ŷ = -50,64 + 1,34x. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel konsep diri akan menyebabkan peningkatan pada kemandirian belajar siswa sebesar 1,34 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,86 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Konsep Diri dan Kemandirian Belajar Siswa %I Universitas Pakuan %A Tri Hartinah Aprilia %A Rais Hidayat %A Fitri Siti Sundari