%X Pipit YulianaArsita.037115158. AnalisisPenerapanPendidikanKarakterPadaSiswakelas IV SD. Skripsi Program Studi.Pendidikan Guru SekolahDasar.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasPakuan. Bogor. 2019. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipendidikankarakter yang diterapkan di sekolah. Penelitianinimenerapkanpenelitiankualitatifdenganpendekatanstudikasus.Metodepengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data hasiltemuandilakukandengancarareduksi data danpenyajian data untukdisimpulkan. SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasIV-A SDN Cinyosog 02 Cileungsi yang terdiridari 2 orang siswa.penelitianinidilaksanakanpada semester ganjiltahunpelajaran 2019/2020. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapenerapanpendidikankarakter di SDN Cinyosog 02 Cileungsi, belumsepenuhnyaterimplementasidenganbaikterdapatperbedaankarakterpadamasing-masingsiswa, adasiswa yang sudahmenerapkanpendidikankarakterdenganbaikdanada pula siswa yang belummenerapkanpendidikankaraktersecara optimal.Hal initerlihatdarikesehariandankebiasaansiswasaatberada di lingkungansekolah, masihdidapatisiswa yang kurangmenerapkannilai-nilaipendidikankaraktersepertiReligius, Jujur, Toleransi, Disiplin, KerjaKeras, Kreatif, Mandiri, Demoktratis, Rasa InginTahu, SemangatKebangsaan, Cinta Tanah Air, MenghargaiPrestasi, Bersahabat/Komunikatif, CintaDamai, GemarMembaca, PeduliLingkungan, PeduliSosial, danTanggungjawab, namunsekolahberupayadalam proses ketahapperbaikan. Kata Kunci: PendidikanKarakter %I Universitas Pakuan %D 2019 %A Pipit Yuliana Arsita %A Wawan Syahiril Anwar %A Fitri Siti Sundari %L eprintsunpak3968 %T ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS IV PenelitianKualitatifDenganPendekatanStudiKasus Di SekolahDasarNegeriCinyosog 02 KecamatanCileungsiKabupaten Bogor Semester GanjilTahunPelajaran 2019/2020