TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3987/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Syarifah, Sri A1 - Hidayat, Rais A1 - Karmila, Nita TI - HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PenelitianKuantitatifdenganPendekatanKorelasionalpadaSiswaKelasVSekolahDasarNegeri 1 Cicadas KecamatanGunungPutri Kabupaten Bogor Semester Genap TahunPelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak3987 Y1 - 2019/06/08/ N2 - Sri Sarifah. 037115022. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengn Kemandirian BelajarSiswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitianinibertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirianbelajar siswakelas VSD Negeri 1 Cicadas Kabupaten Bogor. Populasidaripenelitianiniadalah 171 siswadenganjumlahsampelsebanyak64 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwahubungan pola asuh orang tua dengan kemandirianbelajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,725. Ini menunjukan adanya hubunganantara pola asuh orang tua dengan kemandirianbelajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,525 atau sebesar 52,5% . Sisanya sebanyak 47,5% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kemandirian belajarsiswa sebesar 52,5% ditentukan oleh pola asuh orang tua melalui persamaan regresi ? =2,44+0,90X , artinya setiap kenaikan unit nilai pola asuh orang tua akan menyebabkan kenaikan kemandirian siswa sebesar 0,90 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajarsiswa kelas V SD Negeri 1 Cicadas Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, KemandirianBelajar Siswa, korelasi ER -