eprintid: 3991 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/39/91 datestamp: 2022-09-01 03:56:02 lastmod: 2022-09-20 01:32:47 status_changed: 2022-09-03 01:57:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pitriasari, Windi creators_name: Herfina, creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037115164 creators_NPM: 0406068603 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Herfina, contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Windi Pitriasari.037115164. Perbandingan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Model Problem Based Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini adalah Eksperimen Komparatif. Bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Inquiry (Eksperimen 1) dan Model Problem Based Learning (Eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Panaragan 2 Kota Bogor. Pada Kelas VA dan VB Pada bulan Mei Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka tdapat perbedaan hasil belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya melalui Pembelajaran Inquiry memperoleh nilai N-Gain 78 dengan ketuntasan hasil belajar 97,2% dan Model Problem Based Learning memperoleh nilai N-Gain 72 dengan ketuntasan hasil belajar 94,11%. Hasil Pengujian hipotesis menyatakan H_(0 )ditolak dan H_a diterima karena t_(Hitung )(2,29235) > t_(Tabel )(199547). Bedasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya Melalui Penerapan Model Inquiry dan Model Problem Based Learning. Dari Kedua Model pembelajaran tersebut yang paling efektif adalah model Pembelajaran Inquiry. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inquiry dan Model Problem Based Learning date: 2019-09-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pitriasari, Windi and Herfina and Purnamasari, Ratih (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Komparatif Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Panaragan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3991/1/2019%20pgsd%20WINDI%20P.pdf