%D 2019 %T HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Dengan Pendekatan Korelasional di Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 %L eprintsunpak3993 %X ABSTRAK Selvi Yani Nur Isnaeni. 037115065. Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Papandayan Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor yang terdiri dari 52 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa ditunjukan dari perhitungan dengan persamaan regresi Ŷ = 30,708 + 0,7788X. Artinya bahwa setiap peningkatan satu unit bimbingan orang tua akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,7788 unit. Kekuatan hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa menghasilkan koefisien korelasi (r_(xy )) sebesar 0,74 yang berarti dikategorikan kuat, dan menghasilkan thitung sebesar 11,56 lebih besar dari pada ttabel 2,008. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa %A Selvi Nur Isnaeni %A Yuyun Elizabeth P %A Ratih Purnamasari %I Universitas Pakuan