eprintid: 3998 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/39/98 datestamp: 2022-09-01 03:55:26 lastmod: 2022-09-20 01:28:54 status_changed: 2022-09-01 03:55:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yani, Fanny Asri creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Kurniasih, Surti creators_NPM: 036115050 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: FANNY ASRI YANI. 036115050. Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd. dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan menghasilkan ensiklopedia keanekaragaman hayati sebagai bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan mengetahui efektivitas bahan ajar ensiklopedia keanekaragaman hayati untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) yang dilaksanakan pada bulan April hingga Oktober 2019 dengan uji coba terbatas pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sukaraja. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 untuk kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas X MIPA 2 untuk kelas kontrol yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1) ensiklopedia yang dikembangkan memenuhi konten isi sesuai dengan KD, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, gambar dan komposisi warna yang disajikan menarik serta dilengkapi dengan penjelasan ilmiah yang dapat meningkatkan motivasi belajar. 2) Ensiklopedia keanekaragaman hayati efektif digunakan pada proses pembelajaran. Hal ini terbukti dengan hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,48 dan berkategori sedang dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki N-Gain 0,29 dan berkategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung =5,34 > ttabel, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Respon guru dan tanggapan siswa mendapatkan tanggapan baik yang menunjukkan kualitas ensiklopedia termasuk kategori baik sebagai bahan ajar. Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Bahan Ajar, Ensiklopedia, Keanekaragaman Hayati date: 2019-10-08 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yani, Fanny Asri and Hidayat, Nandang and Kurniasih, Surti (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3998/1/2019%20P%20BIO%20Fanny%20Asri%20Yani.pdf