TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/4005/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Suchia, Mahsa Fazriah A1 - Helena, Griet A1 - Novita, Lina TI - HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak4005 Y1 - 2019/06/10/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu asosiatif studi korelasional pada kepercayaan diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor yang terdiri dari 61 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan rumus Taro Yamane. Jumlah sampel penelitian sebanyak 38 siswa. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan ? = 23,4 + 0,39X artinya setiap peningkatan satu kepercayaan diri maka akan meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 0,39 unit dengan harga thitung sebesar 6,05 lebih besar ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 1,684. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa rxy = 0,71 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,504 yang berarti kepercayaan diri berkontribusi 50,4% terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Korelasi ER -