@phdthesis{eprintsunpak4008, school = {Universitas Pakuan}, author = {Rizky Anggrianto}, title = {STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN PESERTA DIDIK BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP DAN VIKOR}, month = {July}, year = {2021}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4008/}, abstract = {Abstrak Peserta didik merupakan sumber utama dan terpenting dalam proses pendidikan formal. Pada sebelum pandemi Covid-19 terjadi, penentuan siswa berprestasi berdasarkan jumlah kehadiran siswa, nilai harian, nilai tugas dan nilai ujian. Namun, dengan tidak hadirnya siswa di sekolah, membuat penilaian siswa menjadi berbeda sehingga dibutuhkan kriteria baru dalam penentuan siswa berprestasi. Berdasarkan persoalan tersebut, maka pelaksanaan penilaian perangkingan peserta didik terdapat beberapa metode perangkingan, diantaranya adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR). Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari buku nilai siswa kelas 8 di SMP Bina Greha Kota Bogor pada mata pelajaran Matematika tahun pelajaran 2020/2021 semester genap. Tahapan analisis pada penelitian ini diawali oleh pengumpulan data, melakukan pembobotan, dilanjutkan dengan metode AHP dan diuji tingkat kekonsistenannya, menghitung nilai indeks VIKOR dan terakhir dilakukan perangkingan. Kriteria yang ditetapkan oleh sekolah dalam menentukan siswa berprestasi dengan metode AHP konsisten dan bisa digunakan pada tahun ajaran berikutnya. Hasil VIKOR yang diperoleh oleh Siswa 007 mendapatkan rangking pertama dengan nilai Q sebesar 0,0003. Kata Kunci: AHP, VIKOR, Perangkingan} }