eprintid: 4012 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/40/12 datestamp: 2022-09-01 04:33:13 lastmod: 2022-09-20 01:32:03 status_changed: 2022-09-01 04:33:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fazriani, Rifa creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Novita, Lina creators_NPM: 037115260 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0412117404 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Novita, Lina contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Rifa Fazriani. 037115260. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan yaitu asosiatif studi korelasional pada kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 46 sampel. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kebiasaan belajar dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,63 yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung sebesar 5,359 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Matematika date: 2019-06-10 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fazriani, Rifa and Hidayat, Rais and Novita, Lina (2019) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Otista Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4012/1/2019%20PGSD%20Rifa%20Fazriani.pdf