%I Universitas Pakuan %T HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 %L eprintsunpak4020 %A Selvi Yunita %A Sandi Budiana %A Irvan Permana %D 2019 %X ABSTRAK Selvi Yunita 037115263. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada minat belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar Matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar Matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilakukan pada bulan Juni 2019.Subjek penelitian ini adalah kelas VA, VB, dan VC yang terdiri dari 52 sampel responden, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 1,9 + 1X artinya setiap peningkatan satu minat belajar maka akan meningkatkan hasil belajar Matematika sebesar 1 unit dengan harga thitung sebesar 5,468 lebih besar dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 1,684. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa rxy = 0,611 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,37 yang berarti minat belajar berkontribusi 37% terhadap hasil belajar Matematika maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika