eprintid: 4020 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/40/20 datestamp: 2022-09-01 04:33:26 lastmod: 2022-09-17 01:00:30 status_changed: 2022-09-01 04:33:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yunita, Selvi creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Permana, Irvan creators_NPM: 037115263 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0419047702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Selvi Yunita 037115263. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional pada minat belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar Matematika sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar Matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dilakukan pada bulan Juni 2019.Subjek penelitian ini adalah kelas VA, VB, dan VC yang terdiri dari 52 sampel responden, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 1,9 + 1X artinya setiap peningkatan satu minat belajar maka akan meningkatkan hasil belajar Matematika sebesar 1 unit dengan harga thitung sebesar 5,468 lebih besar dari ttabel dengan taraf 0,05 sebesar 1,684. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa rxy = 0,611 yang berarti terdapat hubungan kedua variabel sedang, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,37 yang berarti minat belajar berkontribusi 37% terhadap hasil belajar Matematika maka berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika date: 2019-06-12 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yunita, Selvi and Budiana, Sandi and Permana, Irvan (2019) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 04 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4020/1/2019%20PGSD%20Selvi%20Yunita.pdf