relation: http://eprints.unpak.ac.id/4040/ title: ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 creator: Ayuni, Intan creator: Budiana, Sandi creator: Mirawati, Mira subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: ABSTRAK Intan Ayuni. 037115084. Analisis Prestasi Belajar Peserta Didik yang Berasal dari Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan penelitian kualitatif berupa teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak dan non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Subyek penelitian ini adalah peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak bernama Teguh Maulana Yusuf dan peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak bernama Mega Alya Bilqis. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak lebiih baik dari pesertasi peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak. Selain dari faktor jenjang pendidikan sebelum memasuki Sekolah Dasar ada faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut yaitu faktor perhatian orang tua, faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak sebelum memasuki pendidikan Sekolah Dasar karena mempengaruhi prestasi belajar peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Pendidikan Taman Kanak-kanak. date: 2019-06-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://eprints.unpak.ac.id/4040/1/2019%20PGSD%20Intan%20Ayuni.pdf identifier: Ayuni, Intan and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2019) ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.