eprintid: 4040 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/40/40 datestamp: 2022-09-01 04:33:37 lastmod: 2022-09-17 00:42:34 status_changed: 2022-09-01 04:33:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ayuni, Intan creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Mirawati, Mira creators_NPM: 037115084 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0411068001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Mirawati, Mira contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Intan Ayuni. 037115084. Analisis Prestasi Belajar Peserta Didik yang Berasal dari Pendidikan Taman Kanak-kanak dan Non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan penelitian kualitatif berupa teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak dan non-pendidikan Taman Kanak-kanak. Subyek penelitian ini adalah peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak bernama Teguh Maulana Yusuf dan peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak bernama Mega Alya Bilqis. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar peserta didik yang berasal dari pendidikan Taman Kanak-kanak lebiih baik dari pesertasi peserta didik non-pendidika Taman Kanak-kanak. Selain dari faktor jenjang pendidikan sebelum memasuki Sekolah Dasar ada faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut yaitu faktor perhatian orang tua, faktor ekonomi dan faktor lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pentingnya jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak sebelum memasuki pendidikan Sekolah Dasar karena mempengaruhi prestasi belajar peserta didik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Pendidikan Taman Kanak-kanak. date: 2019-06-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ayuni, Intan and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2019) ANALISIS PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN NON-PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK Studi Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cibuluh 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4040/1/2019%20PGSD%20Intan%20Ayuni.pdf