<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP \r\nKEMANDIRIAN BELAJAR SISWA\r\nPenelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV \r\nSekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap \r\nTahun Pelajaran 2019/2020"^^ . "ABSTRAK\r\nTriyani Silvi Mauludi. 037116200. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kemandirian \r\nBelajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas \r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini \r\nmerupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian \r\nini untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa. \r\nPenelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel interaksi sosial dan kemandirian \r\nbelajar siswa menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas \r\nmenggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas \r\nIV A, IV B, dan IV C Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Tahun Pelajaran \r\n2019/2020 yang berjumlah 103 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa, \r\nyang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Selanjutnya dilakukan \r\npengambilan data penelitian dan melakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji \r\nNormalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa \r\nterdapat pengaruh interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa yang ditunjukan \r\ndengan harga koefisien relasi sebesar 0,35 yang berarti pengaruh antara variabel \r\ndalam kategori rendah. Harga Koefisien persamaan regresi Ŷ= 71,16+(0,44X) yang \r\nberarti setiap peningkatan satu unit interaksi sosial (X) akan meningkatkan kemandirian \r\nbelajar siswa (Y) sebesar 0,44 unit. Kontribusi variabel interaksi sosial dalam \r\nmeningkatkan kemandirian belajar siswa (r²) sebesar 0,1225 dengan koefisien \r\ndeterminasi sebesar 12,25% dan sisanya 87,75% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor \r\nlain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat \r\npengaruh positif interaksi sosial terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti \r\nbahwa salah satu faktor dalam meningkatkan kemampuan kemandirian belajar siswa \r\nadalah dengan meningkatkan interaksi sosialnya.\r\nKata Kunci : Kemandirian Belajar, Interaksi Sosial"^^ . "2020-06-15" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Triyani Silvi"^^ . "Mauludi"^^ . "Triyani Silvi Mauludi"^^ . . "Rais"^^ . "Hidayat"^^ . "Rais Hidayat"^^ . . "Fitri"^^ . "Anjaswuri"^^ . "Fitri Anjaswuri"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . "PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP \r\nKEMANDIRIAN BELAJAR SISWA\r\nPenelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV \r\nSekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap \r\nTahun Pelajaran 2019/2020 (Text)"^^ . . . "2020 PGSD Triyani Silvi M..pdf"^^ . . "HTML Summary of #4049 \n\nPENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP \nKEMANDIRIAN BELAJAR SISWA \nPenelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas IV \nSekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap \nTahun Pelajaran 2019/2020\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .