TY - THES N2 - ABSTRAK Euis Siti Wulandari. 037116204. Pengaruh Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatana kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel komunikasi guru dan motivasi belajar siswa menggunakan rumus Product Moment Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B, Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Kabupaten Bogor yang dilaksanakan Semseter Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 101 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian kuantitatif ini dilanjutkan dengan menguji pada sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien relasi sebesar 0,40 yang berarti pengaruh antara variabel sedang. Harga Koefisien persamaan regresi ?= 23,72+(0,64X) yang berarti setiap peningkatan satu unit komunikasi guru (X) akan meningkatkan motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,64 unit. Kontribusi variabel komunikasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (rē) sebesar 0,16 dengan koefisien determinasi sebesar 16% dan sisanya 84% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan meningkatkan komunikasi gurunya. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Komunikasi Guru A1 - Wulandari, Euis Siti A1 - Hidayat, Rais A1 - Handayani, Rukmini Y1 - 2020/06/12/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4061/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Siliwangi Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak4061 AV - public M1 - Skripsi ER -