%A Mohammad Reza Mulyawan %A Mariana Rista Ananda Siregar %A DAVID RIZAR NUGROHO %I Universitas Pakuan %D 2021 %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh komunikasi yang di lakukan humas berupaya menjadi penghubung antara manajemen dengan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi humas pemasaran wisata Kebun Raya Bogor Melalui Media Sosial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif-analitik. Penelitian ini berusaha menjelaskan Marketing Public Relations LIPI Kebun Raya Bogor dalam meningkatkan minat wisata sejarah melalui Media Sosial. Hasil penelitian. menunjukan bahwa Humas selalu mengkomunikasikan secara intensif dan konsisten, jadi tidak hanya awal-awalnya saja sering berhubungan dan menjalin komunikasi dengan media, tetapi harus konsisten. Selain harus konsisten berhubungan dengan media, komunikasi dengan tepat, tepat pada sasaran medianya, juga kemasan komunikasinya harus tepat dan pesannya juga harus tepat dengan cara membangun produk, jika membuat rumah produknya selalu berkualitas, serah terima dengan konsumen selalu tepat waktu, apa yang dijanjikan kepada konsumen selalu di tepati. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh Humas untuk menjaga citra perusahaan dengan lama-kelamaan citra itu pada akhimya terbentuk, baik dengan masyarakat secara langsung, konsumen, maupun dengan media karena dulukan Humas belum popular, tetapi strategi-strategi Humas itu sudah ada sejak awal. %L eprintsunpak4068 %T KOMUNIKASI HUMAS PEMASARAN WISATA KEBUN RAYA BOGOR MELALUI MEDIA SOSIAL