eprintid: 4084 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/40/84 datestamp: 2022-09-03 01:59:00 lastmod: 2022-09-20 01:37:29 status_changed: 2022-09-03 01:59:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khairiah, Nashiroh creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Lathifah, Suci Siti creators_NPM: 036117010 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0403058703 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: Latifah, Suci Siti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0403058703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGANASESMENBERBASISKETERAMPILANPROSESSAINS(KPS) TERINTEGRASI PADA MATERISISTEMPEREDARANDARAHMANUSIA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: NashirohKhairiah.036117010.PengembanganAsesmenBerbasisKeterampilanProsesSains(KPS)TerintegrasiPadaMateriSistemPeredaran Darah Manusia. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbinganDr.NandangHidyat,M.Pd.danSuciSiti LatifahM.Pd. Asesmen berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) terintegrasi merupakan upaya melaluipendekatanketerampilanprosessainsdalammengembangkankemampuanberfikirkritissiswa.Penelitian pengembangan ini bertujuan untukmendeskripsikan pengembangan dan kelayakan asesmen KPS terintegrasi siswapada pembelajaran sistem peredaran darah manusia. Populasi penelitian ini adalahsiswa SMA kelas XI semester I SMAN 1 Cibadak yang memiliki kemampuanheterogen.SedangkansampelnyaadalahtigakelasIXMIPAyangtotalberjumlah 96siswa.Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalahResearchandDevelopment(R&D)denganmodelpengembanganADDIE.Pelaksanaanpengembanganasesmenautentikinimenggunakanbeberapainstrumenyaituperangkat penilaian tes berupa kisi-kisi soal, soal pilihan ganda sebanyak 20 soal,lembarangketresponsiswa,danwawancaraguru.Hasilpenelitianinimenunjukkan bahwa pengembangan dan penerapan asesmen KPS terintegrasi inidinilailayakuntukmengukurketerampilanprosessainsterintegrasisiswa.Penilaian kelayakan dilakukan dengan uji validitas teoritis oleh dosen ahli, danvaliditas empiris. Berdasrkan uji validasi oleh ahli diperoleh persentase rata-rata88% pada aspek materi, 84% pada aspek evaluasi, dan 81% pada aspek bahasa.Kemudianuntukvaliditasempirismendapatkannilaikoefisien0,55danreliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,88. Hasil ini yang menunjukkan bahwa soal KPS valid atau layak digunakan. Asesmen berbasis KPS teritegrasiterkateori efektif karena mendapat respon positif siswa sebesar 71% dan responbaikdariguru. KataKunci:Asesmen,KeterampilanProsesSainsTerintegrasi,Pengembangan date: 2021-08-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Khairiah, Nashiroh and Hidayat, Nandang and Lathifah, Suci Siti (2021) PENGEMBANGANASESMENBERBASISKETERAMPILANPROSESSAINS(KPS) TERINTEGRASI PADA MATERISISTEMPEREDARANDARAHMANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4084/1/2021%20P.BIO%20NASHIROH%20KHAIRIAH.pdf