eprintid: 4089 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/40/89 datestamp: 2022-09-03 01:59:18 lastmod: 2022-09-03 01:59:18 status_changed: 2022-09-03 01:59:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LEGAWA, PUTRA MARTA creators_name: DURYATMO, SARDI creators_name: MUSLIM, MUSLIM creators_NPM: 044117448 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: DURYATMO, SARDI contributors_name: MUSLIM, MUSLIM corp_creators: UNIVERSITAS PAKUAN corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA corp_creators: ILMU KOMUNIKASI title: ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT PT. QUALITAS ANDALAN BERSAMA 'Q-GOLF' DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN ispublished: pub subjects: e divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Putra Marta Legawa. 044117448. 2021. Analisis Strategi Hubungan Masyarakat PT Qualitas Andalan Bersama 'Q-Golf Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Sardi Duryatmo Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menyampaikan nilai produknya adalah dengan menggunakan public relation atau hubungan masyarakat (humas). PT Qualitas Andalan Bersama (Q-golf) adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan lapangan golf secara daring melalui aplikasi pada ponsel pintar. Pada periode 2018-2019, jumlah pelanggan Q-golf mengalami penuruan secara signifikan. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa tren pelanggan eksisting mengalami penurunan yang mengakibatkan turunnya jumlah pelanggan. Pelanggan eksisting tidak menunjukan loyalitas kepada Q-golf. Q-golf telah melakukan strategi humas untuk dapat mempublikasikan produk mereka dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun hasil dari strategi humas yang dijalankan oleh Q-golf menunjukan hasil yang kurang memuaskan. Oleh karena itu strategi humas yang dilakukan oleh Q-golf menjadi menarik untuk dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi humas PT Qualitas Andalan Bersama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara kepada lima orang informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran utama dari humas Q-golf adalah hubungan pers, publisitas produk, dan urusan publik. Peran humas Q-golf sebagai melobi dan pengembangan tidak menjadi peran yang utama namun tetap dilakukan oleh humas Q-golf. Ada tujuh alat humas yang digunakan oleh bagian humas Q-golf yaitu berita. acara khusus, materi tertulis, materi audio visual, materi identitas korporat, kegiatan pelayanan publik, dan situs dan media sosial. Strategi yang telah dilaksanakan oleh humas Q-golf adalah strategy of publicity, strategy of persuasion, dan strategy of image. Humas Q-golf tidak melaksanakan strategy of augmentation. date: 2021-08-03 date_type: published institution: UNIVERSITAS PAKUAN department: ILMU KOMUNIKASI thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: LEGAWA, PUTRA MARTA and DURYATMO, SARDI and MUSLIM, MUSLIM (2021) ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT PT. QUALITAS ANDALAN BERSAMA 'Q-GOLF' DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4089/1/CamScanner%2009-01-2022%2013.21.pdf