TY - THES N2 - ABSTRAK Nurlia, 37116095. Perbandingan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Media Daring Asynchronous. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan desain dan model Quasi Eksperimen Komparatif, serta dilaksanakan secara kolabratif dalam satu siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar tema daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV dengan penggunaan model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang terbagi dalam dua kelompok kelas eksperimen. Kelas eksperimen 1 terdiri dari 31 siswa dan kelas eksperimen tediri dari 35 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 0,72 dengan dk (derajat kebebasan) = (n1 + n2 ? 2) = (27 + 27 ? 2) = 52 maka diperoleh ttabel pada taraf signifikan sebesar ?/2 = 0,05/2 = 0,025 sebesar 2,00665. Adapun pengujian dua arah maka kriteria pengujian adalah Ho ditolak apabila -2,00665>thitung>2,00665 oleh karena itu didapat thitung