TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/4110/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Aditya, Syahrizal A1 - Anwar, Wawan Syahiril A1 - Ghani, Resyi A TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Pada Peserta Didik Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ID - eprintsunpak4110 Y1 - 2020/02/13/ N2 - ABSTRAK Syahrizal Aditiya. 037115137. Perbedaan Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar pada subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku melalui model discovery learning dan model problem based learning kelas IV-A dan IV-B di SD Negeri Bojongrangkas 01 tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A menggunakan model discovery learning dan kelas IV-B menggunakan model problem based learning. Istrumen penelitian berupa lembar soal. Lembaran soal digunakan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan model problem based learning. Hasil dari uji normalitas galat data yang menggunakan model discovery learning yaitu Lhitung 0,109ttabel 1,99006. Maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku melalui model discovery learning dan problem based learning di SDN Bojongrangkas 01, yaitu model discovery learning lebih efektif dari model problem based learning. Kata kunci: Perbedaan hasil belajar melalui model discovery learning dan model problem based learning ER -