eprintid: 4110 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/41/10 datestamp: 2022-09-03 02:00:50 lastmod: 2022-09-20 01:42:01 status_changed: 2022-09-03 02:00:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aditya, Syahrizal creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Ghani, Resyi A creators_NPM: 037115137 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0417088001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahril contributors_name: Gani, Resyi A. contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Pada Peserta Didik Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Syahrizal Aditiya. 037115137. Perbedaan Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Melalui Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar pada subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku melalui model discovery learning dan model problem based learning kelas IV-A dan IV-B di SD Negeri Bojongrangkas 01 tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen Komparatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A menggunakan model discovery learning dan kelas IV-B menggunakan model problem based learning. Istrumen penelitian berupa lembar soal. Lembaran soal digunakan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning dan model problem based learning. Hasil dari uji normalitas galat data yang menggunakan model discovery learning yaitu Lhitung 0,109ttabel 1,99006. Maka penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku melalui model discovery learning dan problem based learning di SDN Bojongrangkas 01, yaitu model discovery learning lebih efektif dari model problem based learning. Kata kunci: Perbedaan hasil belajar melalui model discovery learning dan model problem based learning date: 2020-02-13 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aditya, Syahrizal and Anwar, Wawan Syahiril and Ghani, Resyi A (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Komparatif Pada Peserta Didik Kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4110/1/2020%20PGSD%20Syahrizal%20Aditya.pdf