eprintid: 4120 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/41/20 datestamp: 2022-09-03 02:01:30 lastmod: 2022-09-17 00:53:51 status_changed: 2022-09-03 02:01:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Munawaroh, creators_name: Helena, Great creators_name: Windiyana, Tustiyana creators_NPM: 037115138 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Helena, Great contributors_name: Windiyana, Tustiyani contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Survey Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kota Bogor Semester Genap 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Munawaroh. 037115138. Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan metode survey penelitian korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Obyek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Gunung Gede Kota Bogor kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan jumlah sebanyak 116 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dari perhitungan dengan persamaan regresi Ŷ =81,35+0,71X. Artinya bahwa setiap peningkatan satu unit akan meningkatkan kemandirian siswa sebesar 0,71 unit. Kekuatan hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,680 yang berarti di kategorikan kuat, dan menghasilkan thitung sebesar 6,706 lebih besar dari ttabel 1,674. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan kemandirian belajar dengan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar. date: 2019-07-19 institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Munawaroh and Helena, Great and Windiyana, Tustiyana (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU Survey Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunung Gede Kota Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4120/1/2019PGSD%20MUNAWAROH.pdf