%0 Thesis %9 Skripsi %A Elisza %A Suhardi, Eka %A Yani, Indri %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Biologi, %B Pendidikan Biologi %D 2019 %F eprintsunpak:4123 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORY PERILAKU PRO-LINGKUNGAN DITINJAU DARI PENGETAHUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN %U http://eprints.unpak.ac.id/4123/ %X Elisza. 036115060. Analisis Sequential Explanatory Perilaku Pro Lingkungan ditinjau dari Pengetahuan Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr.Eka Suhardi, M.Si dan Indri Yani, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi sequential explanatory kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu pengetahuan pencemaran lingkungan dan variabel terikat (Y) yaitu perilaku pro lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Juni 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI Citeureup tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 146 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Pengambilan data kuantitatif menggunakan kuisioner dengan skala sikap (rating scale) untuk variabel terikat, sedangkan untuk variabel bebas menggunakan soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen variabel X menggunakan teknik Korelasi Point Biseral, sedangkan untuk variabel Y menggunakan Product Moment Person. Uji reliabilitas variabel X menggunakan Single Test- Single Trialdengan formula Kuder-Richadson KR20, sedangkan untuk variabel Y menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data kuantitatif dengan uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan Uji Liliefors dan homogenitas menggunakan Uji Bartlett. Pengujian hipotesis data menggunakan uji korelasi dengan rumus Product Moment Person dengan bantuan SPSS. Data penelitian kualitatif dengan wawancara dan observasi. Analisis data kualitatif dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara pengetahuan pencemaran lingkungan dengan perilaku pro lingkungan dengan persamaan regresi Ŷ= 74,424 + 0,973x dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,258 dan r2 sebesar 6,65%. Harga r2 mengandung arti bahwa 6,65% perilaku pro lingkungan siswa dipengaruhi oleh pengetahuan pencemaran lingkungan, sedangkan 93,35% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Pengetahuan Pencemaran Lingkungan, Perilaku Pro Lingkungan