TY - THES N2 - Siti Sarah Fauziah. 037116081. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku kepada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Sekar Adi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan pada peserta didik dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara namun pemberian media pembelajaran berbeda. Kelompok kelas eksperimen (IV B) dan kelas kontrol (IV A) dengan jumlah responden sebanyak 62 peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata?rata N-Gain dan ketuntasan hasil belajar kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 64 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 93,54%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol nilai rata-rata N-Gain sebesar 51 dan ketuntasan hasil belajar 87,09 %. Kemudian pada hasil uji hipotesis didaptkan nilai thitung (3,477) > ttabel (2,000) dengan dk = 60 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan penggunaan media pembelajaran powtoon. Kata kunci : Media pembelajaran, Media powtoon, Hasil Belajar A1 - Fauziah, Siti Sarah A1 - Kurnia, Dadang A1 - Novita, Lina Y1 - 2020/07/07/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4125/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 ini Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Sekar Adi Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak4125 AV - public M1 - Skripsi ER -