eprintid: 4139 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/41/39 datestamp: 2022-09-03 02:02:40 lastmod: 2022-09-16 07:08:52 status_changed: 2022-09-03 02:02:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Suci Mutiara creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Nurlela, Nintin creators_NPM: 037116010 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0410097508 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Nurlela, Nintin contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0410097508 corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Suci Mutiara Amalia. 037116010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausalitas pada disiplin belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas VA, VB, VC, dan VD Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 124 dengan sampel sebanyak 55 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel disiplin belajar dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,635 sedangkan koefisien determinasinya sebesar 40,32%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih siswa sebesar 40,32% ditentukan oleh disiplin belajar melalui persamaan regresi Ŷ = -1,34 + 0,55X. Sisanya ditentukan oleh faktor lain. Diperoleh thitung sebesar 6,003 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata nyata 0,05 sebesar 2,005 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar subtema cara tubuh mengolah udara bersih. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih date: 2020-10-17 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Amalia, Suci Mutiara and Anwar, Wawan Syahiril and Nurlela, Nintin (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA TUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Rumput Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4139/1/2020%20PGSD%20SUCI%20MUTIARA%20AMALIA.pdf