relation: http://eprints.unpak.ac.id/4159/ title: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMK PUTRA PAKUAN BOGOR creator: Nurshalilla, Nabila subject: PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA description: ABSTRAK Nabila Nurshalilla: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Menulis Teks Negosiasi Kelas X SMK Putra Pakuan Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Penelitian ini mengkaji kesesuaian sintak model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis teks negosiasi kelas X SMK Putra Pakuan Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi/penerapan dan penggunaan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam RPP menulis teks negosiasi kelas X SMK Putra pakuan Bogor. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran discovery leaning dalam RPP menulis teks negosiasi kelas X SMK Putra Pakuan Bogor dan implementasi sintak atau langkah-langkah kerja model pembelajaran discovery learning, yakni: pemberian rangsangan (stimulation), pernyataan/identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan data (data collection), pengolahan data (data processing), pembuktian (verification), menarik simpulan/generalisasi (generalization), dan penilaian. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif atau memaparkan hasil penelitian berupa kata-kata yang sudah diolah dan disintesiskan. Sedangkan teknik pengumpulan data, yaitu studi kepustakaan atau mengumpulkan data dengan mengadakan penelaahan terhadap buku atau literatur yang berhubungan dengan RPP menulis teks negosiasi dan model pembelajaran discovery learning. Data pada penelitian ini dituliskan dalam bentuk kutipan kalimat yang menunjukkan implementasi sintak model discovery learning dalam RPP menulis teks negosiasi kelas X SMK Putra Pakuan Bogor. Hasil analisis kesesuaian model discovery learning, yaitu terdiri atas 28 data dan dibagi menjadi 4 pertemuan. Setiap pertemuan memiliki 7 data dan seluruh kegiatan dalam RPP tersebut mengacu pada langkah model pembelajaran discovery learning. Dengan menerapkan langkah pembelajaran yang tepat maka dapat memudahkan guru dalam mengajar, mengefektifkan waktu dan pembelajaran di kelas pun semakin terstruktur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa RPP yang dianalisis sudah sesuai dan tentunya menerapkan langkah-langkah model discovery learning. Penggunaan model ini juga dapat dijadikan sebagai pilihan model pembelajaran atau pun bahan evaluasi bagi guru. Kata Kunci: Analisis, Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Teks Negosiasi date: 2020-06-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/4159/1/2020%20PBSI%20Nabila%20Nurshalilla.pdf identifier: Nurshalilla, Nabila (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMK PUTRA PAKUAN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.