@phdthesis{eprintsunpak4173, author = {Herlina Tresnawati and Elly Sukmanasa and Tustiyana Windiyani}, title = {HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU Studi Kurikulum 2013 Melalui PendekatanPenelitianKorelasional PadaSiswaKelas IV A dan IV BSekolah Dasar Negeri Panaragan 02 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2019}, month = {July}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4173/}, abstract = {Herlina Tresnawati. 037115133. Hubungan kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dilakukan dengan pendekatan penelitian korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Obyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Panaragan 02Kota Bogor kelas IV yang terdiri dari dua rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 84 siswa.Sampel yang diambiladalah 46siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keunikan daerah tempat tinggalku ditunjukan dengan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu{\^Y} =27,70+0,67X, dengan menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,609 dan menghasilkan thitung sebesar5,09 lebih besar dari ttabel 2,01. Berdasarkan hasil penelitian diatas,maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan membacadenganhasilbelajarsubtema keunikan daerah tempat tinggalku semester genapTahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar} }