%0 Thesis %9 Skripsi %A Ningrum, Dellia Kusuma %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2020 %F eprintsunpak:4174 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN PUISI KELAS X MA ISLAMIYAH CIPUTAT %U http://eprints.unpak.ac.id/4174/ %X ABSTRAK Dellia Kusuma Ningrum: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-unsur Pembangun Puisi Kelas X MA Islamiyah Ciputat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan pedoman bagi guru agar proses pembelajaran di dalam kelas dapat lebih terarah dengan baik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan secara rinci dari suatu pokok materi atau tema. Model pembelajaran adalah salah satu komponen yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Pada tulisan ini, peneliti akan menganalisis model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi kelas X MA Islamiyah Ciputat. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran unsur-unsur pembangun puisi kelas X MA Islamiyah Ciputat. Penelitian dilakukan pada dua kali pertemuan yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk mengumpulkan sebuah data. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan membaca pada bagian yang dijadikan fokus dan subfokus penelitian. Bagian data yang dijadikan fokus dan subfokus tersebut adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini, peneliti dapat mendeskripsikan kesesuaian langkah�langkah model pembelajaran discovery learning. Hasil yang didapatkan dan telah dicek keabsahan melalui tiga triangulator bahwa analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah sesuai. Terdapat 52 data yang telah didapatkan. Namun setelah ditemukan data tersebut, tidak ada kegiatan menulis puisi pada kedua pertemuan tersebut. Pada pertemuan satu dan pertemuan dua hanya menganalisis mengenai unsur-unsur pembangun puisi dan redaksi yang digunakan pada pertemuan satu dan dua sama hanya diganti dengan materi pembelajaran yang akan berlangsung. Kata kunci: Model discovery learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, unsur�unsur pembangun puisi, kualitatif, dan triangulator.