TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/4183/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - YATIM, ANISHA NUR A1 - JAYAWINANGUN, RONI A1 - Rusfien, Ismail Taufik TI - ANALISIS MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PENGUNJUNG DI KLUB GOLF BOGOR RAYA ID - eprintsunpak4183 Y1 - 2021/08/04/ N2 - Klub Golf Bogor Raya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pada industri golf yang dalam operasionalnya berkaitannya dengan dunia pemasaran kegiatan Humas sangat berhubungan erat dengan dunia marketing, Humas pada saat ini sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan, baik tujuan secara financial maupun kepada internal dan eksternal perusahaan. Saat ini Humas tidak hanya terfokus pada ruang lingkup publik internal dan eksternal akan tetapi cenderung mendukung program pemasaran sehingga Humas menjadi bagian dalam program pemasaran, dan di kenal sebagai marketing public relations atau Humas Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis Humas Pemasaran di Klub Golf Bogor Raya dengan menggunakan teori Harris yaitu three ways strategy yaitu, pull strategy, push strategy, dan pass strategy dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan yaitu observasi. wawancara, dokumentasi, foto, dan informasi percakapan yang merupakan sumber data kualitatif Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Humas Pemasaran di Klub Golf Bogor raya sudah cukup efektif dalam meningkatkan loyalitas pengunjung KGBR Kata kunci: humas pemasaran, klub golf, loyalitas ER -