eprintid: 4244 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 46 dir: disk0/00/00/42/44 datestamp: 2022-09-03 02:12:19 lastmod: 2022-09-03 16:53:06 status_changed: 2022-09-03 02:12:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ikhsan Kurniawan, Juniver creators_name: Setyaningsih, Sri creators_name: Anggraeni, Irma creators_NPM: 065116309 creators_id: faridfaturahman53@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Setyaningsih, Sri contributors_name: Anggraeni, Irma contributors_NIDN: 0403055801 contributors_NIDN: 0418018902 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: FMIPA corp_creators: Ilmu Komputer title: SISTEM MONITORING PENGUKURAN BEBAN KENDARAAN MUATAN DI JALAN TOL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEIGHT IN MOTION ispublished: pub subjects: QK divisions: sch_ecs full_text_status: none abstract: ABSTRAKSI Teknologi monitoring atau pengontrolan beban pada alat atau model transportasi yaitu teknologi Weight in Motion (WIM). Prinsip kerja atau metode teknologi WIM adalah mendeteksi suatu berat kendaraan yang bergerak pada kecepatan tertentu di atas jalan yaitu dengan mengukur beban roda kendaraan pada saat berjalan. Beberapa keuntungan teknologi WIM antara lain lebih efisien dan menghemat waktu, khususnya pada saat lalu lintas sibuk. Hal ini mendukung modernisasi manajemen lalu lintas. Pengembangan sistem monitoring pengukuran beban kendaraan muatan berjalan menggunakan sensor load cell dan sensor ultrasonik pada dasarnya bertujuan untuk melakukan pengontrolan atau monitoring beban kendaraan muatan pada saat berjalan di jalan tol. Data penghitungan tentang jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol dapat diketahui secara real-time, sehingga volume kendaraan muatan yang melintas dapat dipantau dan diketahui setiap saat agar dapat menekan angka kecelakaan di jalan tol seminimal mungkin. Dari hasil uji coba yang dilakukan menghasilkan rata rata error untuk beban kendaraan 4,67%, dan sensor ultrasonik yang dapat membaca tinggi kendaraan menghasilkan rata-rata error sebesar 5,81%, sedangkan Arduino Mega 2560 hanya sebagai alat komunikasi antara sensor dan komponen lainnya, beban kendaraan muatan harus dianalisis berdasarkan pergerakan kendaraan, sedangkan klasifikasi kendaraan dianalisis berdasarkan tinggi kendaraan. date: 2021-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Ilmu Komputer thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ikhsan Kurniawan, Juniver and Setyaningsih, Sri and Anggraeni, Irma (2021) SISTEM MONITORING PENGUKURAN BEBAN KENDARAAN MUATAN DI JALAN TOL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI WEIGHT IN MOTION. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.