@phdthesis{eprintsunpak4249, month = {October}, author = {Iqbal Febriansyah and Sumardi and Nita Karmila}, year = {2019}, title = {PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {Iqbal Febriansyah. 037115064. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Motivasi Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Populasi dari penelitian ini yaitu 274 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 73 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,53. Koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,28 atau sebesar 28\%, sedangkan 72\% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata motivasi belajar pada siswa sebesar 28\% ditentukan oleh interaksi sosial melalui persamaan regresi {\^Y}=19,57+(0,47X), artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan motivasi belajar siswa sebesar 0,47 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap motivasi belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus IV Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4249/} }