%A Anisa Uswah Hasanah %A Wawan Syahiril Anwar %A Yuli Mulyawati %I Universitas Pakuan %D 2020 %X Anisa Uswah Hasanah 037116014 Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogeny digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya. Teknik analisis regresi korelasi sedrhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 9,673 + 0,418. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan analisis statistic yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,402. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 16,2%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana konsep diri dengan hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 9,673 + 0,418(X), berarti setiap kenaikan unit konsep diri menyebabkan kenaikan hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya sebesar 0,418 unit. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan hasil belajar subtema lingkungan dan manfatnya kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Konsep Diri dan Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan Manfaatnya %L eprintsunpak4252 %T HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA Penelitian dengan Metode Studi Korelasional di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021