@phdthesis{eprintsunpak4258, month = {October}, author = {Indah Lasmianty Saputri and Nedin Badruzzaman and Yudhie Suchyadi}, year = {2019}, title = {HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGANHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V StudiDeskriptifdenganPendekatanKuantitatifDi SekolahDasarNegeri 04 TlajungUdikKabupaten Bogor Semester Ganjil TahunPelajaran 2019/2020}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {Indah Lasmianty Saputri 037115188.Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Matematika.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.Penelitian ini dengan model penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel aktivitas belajar dan menggunakan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Tlajung Udik Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor yang berjumlah 91 peserta didik.Sampel yang di ambil 47 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus TaroYamane.Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas liliefors.Hasilnya ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,65. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi {\^Y} = (-103,74) + 1,37(X), dengan harga thitung sebesar 5,73 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,021 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 42\%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif aktivitas belajar dengan hasil belajar matematika.Hal ini berarti bahwa salah satu faktor hasil belajar matematika meningkat adalah karena aktivitas yang tepat diberikan oleh guru dan orang tua. Kata kunci :Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4258/} }