TY - THES N2 - ABSTRAK Miftahul Jannah. 037115144. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif jenis Kausal. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 pada siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Uji validitas interaksi sosial dan aktivitas belajar menggunakan rumus Koefesien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A, IV-B dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang diambil 46 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 5%. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,660. Ini menunjukkan adanya pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar, sedangkan koefesien determinasi (r2) sebesar 0,44 atau sebesar 44%. Hal ini berarti nilai kontribusi interaksi sosial terhadap aktivitas belajar sebesar 44, melalui persamaan regresi ? = 42,36+0,56X. sisanya sebanyak 56% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara interaksi sosial terhadap aktivitas belajar pada peserta didik kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Semester Genap tahun pelajaran 2018/1019. Kata kunci: Interaksi Sosial dan Aktivitas Belajar. A1 - Miftahul, Jannah A1 - Sukmanasa, Elly A1 - Handayani, Rukmini Y1 - 2019/07/19/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4263/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR Penelitian Studi Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang 1 Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019 ID - eprintsunpak4263 AV - public M1 - Skripsi ER -