%A Sumiarsih %A Rais Hidayat %A Lina Novita %I Universitas Pakuan %D 2020 %X Sumiarsih 037116186 Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Barangsiang Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 59,46 + 0,43X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,37. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,13%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 59,46 + 0,43X}, yang berarti setiap kenaikan unit konsep diri menyebabkan kenaikan kepercayaan diri siswa sebesar 0,43 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa di kelas V A dan V B Sekolah Dasar Negeri Baranangsiang Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Konsep diri, Kepercayaan Diri Siswa. %L eprintsunpak4268 %T PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal Pada Kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Baranangsiang Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021