eprintid: 4269 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/42/69 datestamp: 2022-09-03 02:14:01 lastmod: 2022-09-20 03:20:42 status_changed: 2022-09-03 02:14:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suharya, creators_name: Patras, Yuyun Elizabeth creators_name: Purnamasari, Ratih creators_NPM: 037114418 creators_NPM: 0427077704 creators_NPM: 0406068603 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Purnamasari, Ratih contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0406068603 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Suharya 037114418. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Disiplin Belajar dan soal pilihan ganda untuk Hasil Belajar Matematika. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan hasil belajar matematika dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor yang berjumlah 103 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan anatara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 60,88+0,17X, dengan harga thitung sebesar 8,38 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,009, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 45%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Matematika. date: 2019-07-19 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Suharya and Patras, Yuyun Elizabeth and Purnamasari, Ratih (2019) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Studi ini dengan Pendekatan Korelasional di kelas V Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4269/1/2019%20PGSD%20SUHARYA.pdf