eprintid: 4272 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/42/72 datestamp: 2022-09-03 02:14:04 lastmod: 2022-09-16 03:53:28 status_changed: 2022-09-03 02:14:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawan, Arif creators_name: Mahajani, Tri creators_name: Nurjaman, Aam creators_NPM: 032115115 creators_NPM: 0422026501 creators_NPM: 0016116501 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mahajani, Tri contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0016116501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 02 JONGGOL KABUPATEN BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Arif Setiawan : Penggunaan Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Teks Berita Kelas VIII SMPN 02 Jonggol Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pakuan, Bogor, 2019. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui hasil Penggunaan Media Audio dalam Meningkatkan Keterampilan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 02 Jonggol dan untuk mengetahui keefektifan belajar siswa dengan penggunaan media audio. Metode yang digunakaan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak teks berita siswa menggunakan media audio. Angket diberikan untuk mengetahui kendala siswa dalam pembelajaran menyimak teks berita menggunakan media audio. Proses terkahir yaitu observasi untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media audio. Berdasarkan hasil tes awal (prates) pada kelas eksperimen, nilai hasil siswa mendapatkan rata-rata nilai keseluruhan 53,28 dengan kriteria kurang berhasil. Sementara itu, hasil akhir (postes) menyimak teks berita menggunakan media audio berupa rekaman audio berita Banjir Di Jawa Timur memperoleh peningkatan menjadi 70,68 dengan kriteria cukup berhasil. Kemudian, Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean pada kedua kelas tersebut dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh t0,05= 1,66 dan t0,01= 2,38. Dengan demikian t0,01 lebih besar dari t0,05 yaitu 1,66<2,40>2,38. Analisis data angket menunjukan dua aspek yang membuktikan pembelajaran menggunakan audio tidak memiliki kendala, aspek pertama yaitu pembelajaran menggunakan media, aspek kedua yaitu lingkungan belajar saat menggunakan media audio. Hasil observasi yang dilakukan observer menunjukan hasil efektifnya pembelajaran menggunakan media audio dalam pembelajaran menyimak teks berita. Kata kunci: Media Audio, Menyimak Teks Berita date: 2019-09-03 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Setiawan, Arif and Mahajani, Tri and Nurjaman, Aam (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 02 JONGGOL KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4272/1/2019%20PBSI%20Arif%20Setiawan.pdf