<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM \r\nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI \r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANSARI"^^ . "ABSTRAK\r\nFirda Framudita: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam \r\nPembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri \r\n1 Tamansari, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan \r\nIlmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Problem Based Learning \r\n(PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII \r\nSMP Negeri 1 Tamansari, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik \r\ndalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah \r\neksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi \r\ndan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi, \r\nsementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik \r\npada saat proses belajar mengajar menggunakan pbl dalam menulis teks cerita fantasi. \r\nSampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas \r\nVII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster \r\nSampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based \r\nLearning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi dapat teruji \r\nkebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen \r\ndengan rata-rata 54,72. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik \r\nberada dalam taraf kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi. Sementara itu, pada \r\nhasil postes mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks \r\ncerita fantasi menjadi 90.06 dengan taraf sangat mampu. Hal tersebut menunjukan \r\npeningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,34. Kemudian \r\ndapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,39. Dengan demikian t0 lebih \r\nbesar daripada tt 1,67<3,09>2,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap \r\npeserta didik dalam menulis teks cerita fantasi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil \r\nangket, yang menyatakan sebanyak 75% mengalami kendala pada saat menentukan kaidah \r\nkebahasaan dalam menulis teks cerita fantasi, kemudian 63% masih mengalami kendala \r\ndalam membuat kerangka teks cerita fantasi, dan 59% mengalami kendala dalam \r\nmenggunakan kalimat langsung dalam menulis teks cerita fantasi. Dengan demikian, \r\npenerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menulis \r\nteks cerita fantasi.\r\nKata Kunci: Kemampuan menulis teks cerita fantasi, model problem based learning"^^ . "2019-10-10" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . "Eri"^^ . "Sarimanah"^^ . "Eri Sarimanah"^^ . . "Firda"^^ . "Framudia"^^ . "Firda Framudia"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM \r\nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI \r\nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANSARI (Text)"^^ . . . "2019 PBSI Firda Framudia.pdf"^^ . . "HTML Summary of #4276 \n\nPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM \nPEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI \nSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAMANSARI\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .