%A Diana Ningsih %A Rais Hidayat %A Fitri Siti Sundari %I Universitas Pakuan %D 2019 %X Diana Ningsih. 037115013. Hubungan Berpikir Kritis dengan Kreativitas Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode studi korelasional. Bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir kritis dengan kreativitas siswa. Data ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Populasi dalam ini penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Cibinong 1 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor dengan jumlah 80 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa. Hasil perhitungan ini menunjukan jumlah rata-rata berpikir kritis berada pada taraf interprestasi cukup tinggi dengan nilai 101 dan nilai rata-rata kreativitas siswa pada taraf interprestasi cukup tinggi dengan nilai 97,29. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ= -15,8+1,12X artinya setiap peningkatan satu unit berpikir kritis maka akan meningkatkan kreativitas siswa sebesar 0,44 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,67 yang berarti terdapat hubungan yang kuat pada kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara berpikir kritis dengan kreativitas siswa. Kata kunci: Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa %L eprintsunpak4278 %T sHUBUNGAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KREATIVITAS SISWA Studi ini dengan Pendekatan Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negri Cibinong 1 Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020