%A Endah Sekarwati %A Entis Sutisna %A Ratih Purnamasari %I Universitas Pakuan %D 2019 %X ABSTRAK Endah Sekarwati. 037115229. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Discovery Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif jenis Eksperimen Quasi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui penerapan model discovery learning di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 1 yang terdiri dari 65 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model discovery learning memperoleh nilai N-Gain 80,8 dengan ketuntasan hasil belajar 96,9% dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain 70,2 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 84,8%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan ditolak dan diterima karena (3,39915) > (1,99834). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku melalui model discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Model discovery learning paling efektif untuk diterapkan. Kata kunci: Hasil Belajar dan Model Discovery Learning. %L eprintsunpak4280 %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A dan IV C Sekolah Dasar Negeri Cimahpar 1 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019