eprintid: 4282 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/42/82 datestamp: 2022-09-03 02:14:46 lastmod: 2022-09-20 03:33:44 status_changed: 2022-09-03 02:14:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Dwi creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Mirawati, Mira creators_NPM: 037115181 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0411068001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: mirawati, mira contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dwi Kurniawati 037115181. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery learning. Universitas Pakuan. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Desain penelitian ini yaitu nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Pabuaran 01 sejumlah 111 Siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa di kelas ekperimen dan 37 siswa di kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar siswa berdasarkan pada instrumen berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan teknik analisis data menggunakan Uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan melalui model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata pretest sebesar 37 %, posttest 77 % dan rata-rata N-Gain sebesar 62 %dan model pembelajaran discovery learning dengan nilai rata-rata pretest sebesar 42 %, posttest 83% dan rata-rata N-Gain sebesar 70 %. Berdasarkan hal tersebut, maka hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung> ttabel yaitu (2,53) > (1,99346). Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning lebih efektif maka guru disarankan menggunakan model tersebut guna meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning,Discovery Learning. date: 2020-01-01 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Kurniawati, Dwi and Budiana, Sandi and Mirawati, Mira (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Siswa Kelas IVSekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4282/1/2020%20PGSD%20DWI%20KURNIAWATI.pdf