%0 Thesis %9 Skripsi %A Rusdino, Haldi %A Budiana, Sandi %A Suhendra %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2019 %F eprintsunpak:4284 %I Universitas Pakuan %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK MIGAS CIBINONG KABUPATEN BOGOR %U http://eprints.unpak.ac.id/4284/ %X ABSTRAK Haldi Rusdino, 2019, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMK Migas Cibinong Kabupaten Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X SMK Migas Cibinong Kabupaten Bogor, dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan dua kali siklus dan postes pada akhir pembelajaran di setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hipotesis pertama berhasil dengan baik, hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya dengan melihat beberapa siswa yang mampu menyusun teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kebahasaan dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Peningkatan nilai tersebut disebabkan oleh kemampuan siswa kelas X BOR dalam menulis teks negosiasi. Rata-rata nilai awal keterampilan menulis teks negosiasi yaitu 68,4 dengan persentase 68,4%, nilai tersebut masih berada di bawah KKM 75. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I, nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks negosiasi meningkat menjadi 71,6 dengan pesentase 71,6%. Kemudian nilai rata-rata postes keterampilan menulis teks negosiasi yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 81,1 dengan persentase 81,1%. Hipotesis kedua dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam menulis teks negosiasi, hal ini terbukti kebenarannya pada siswa kelas X BOR yang mampu membuat sebuah permasalahan menjadi sebuah konteks pembelajaran dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X BOR pada siklus I dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 82% sedangkan perolehan rata-rata persentase terhadap aktivitas siswa dalam menulis teks negosiasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X BOR pada siklus II sebesar 96%. Kata Kunci: Teks Negosiasi, Model Pembelajaran Problem Based Learning.