eprintid: 4286 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/42/86 datestamp: 2022-09-03 02:15:29 lastmod: 2022-09-16 03:29:47 status_changed: 2022-09-03 02:15:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiana, Annisa creators_name: Sumardi, creators_name: Anjaswuri, creators_NPM: 037115040 creators_NPM: 0006065201 creators_NPM: 0416068503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sumardi, contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_NIDN: 0006065201 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Annisa Septiana. 037115040. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 pada kelas VA, VB, dan VC semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai Lhitung < Ltabel. Pada uji homogenitas didapatkan nilai hitung (0,047) < tabel (5,991), dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil penelitian pada subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning terdapat perbedaan dengan nilai N-Gain 74,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain 59,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain 67,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai N-Gain 59,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning dengan nilai N-Gain 74,00 dan model Problem Based Learning dengan nilai N-Gain 67,00. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar subtema Manusia dan Lingkungan melalui model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Model pembelajaran yang paling efektif adalah model Discovery Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar Subtema Manusia dan Lingkungan, Model Discovery Learning, dan Model Problem Based Learning. date: 2019-09-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Septiana, Annisa and Sumardi and Anjaswuri (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Negeri Muhara 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4286/1/2019%20PGSD%20ANNISA%20S.pdf