TY - THES N2 - Landitya. 037115094. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jenis kausal yang terdiri dari variabel lingkungan sekolah dan kepercayaan diri. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara lingkungan sekolah dengan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA-VB Sekolah Dasar Cikaret 1 Kecamatan Bogor Selatan yang terdiri dari 42 sampel responden. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan metode angket untuk mengumpulkan data mengenai Lingkungan Sekolah dan Kepercayaan Diri Siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap kepercayaan diri siswa, dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,98, koefisien determinasi sebesar 96,04%, melalui persamaan regresi ? = 9,22 + 1,3780X. Dimana persyaratan uji hipotesis statistik; Ho:py=0 (tidak terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah (X) terhadap kepercayaan diri siswa (Y)); Ha:py>0 (terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah (X) terhadap kepercayaan diri siswa (Y)). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara lingkungan sekolah terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini berarti untuk meningkatkan kepercayaan diri maka harus memperhatikan lingkungan sekolah. Kata kunci : lingkungan sekolah dan kepercayaan diri. A1 - Landitya A1 - Sukmanasa, Elly A1 - Purnamasari, Ratih Y1 - 2019/09/13/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4289/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal Pada Siswa Kelas VA danVBSekolah Dasar Negeri Cikaret 1 Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020 ID - eprintsunpak4289 AV - public M1 - Skripsi ER -