@phdthesis{eprintsunpak4298, author = {Siti Alpiah Nursakinah and Yuyun Elizabeth Patras and Ratih Purnamasari}, title = {HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasional Pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Ganjil 2019/2020}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2019}, month = {September}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4298/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku, Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor dengan populasi 97 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 49 siswa dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Instrumen penelitian berupa lembar angket dan instrumen soal. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment, uji Liliefors,dan uji Fisher. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 6,654 yang berada pada taraf signifikan 5\% sebesar 1,676, dan ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,68 sehingga besarnya kontribusi kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku ditunjukkan oleh koefisien (r2) sebesar 0,50 dengan koefisien determinasi sebesar 50\% dari data tersebut dapat dirumuskan bahwa kebiasaan membaca dapat berperan dengan memberi kontribusi 50\% terhadap hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku sedangkan 50\% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar subtema keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor. Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Hasil Belajar, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.} }