eprintid: 4301 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/43/01 datestamp: 2022-09-03 02:17:48 lastmod: 2022-09-16 03:18:15 status_changed: 2022-09-03 02:17:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurjanah, R. Siti creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 0371 15 028 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK R. Siti Nurjanah, 037115028. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Tempat penelitian yaitu di Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 121 dengan rincian kelas V-A berjumlah 40 siswa, kelas V-B berjumlah 41 siswa, dan kelas V-C berjumlah 40 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dalam variabel terikat hasil belajar Matematika menggunakan nilai tes. Sementara untuk variabel bebas gaya belajar siswa menggunakan angket yang berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Teknik analisis regresi koefisien korelasi r sebesar 0,664 yang berarti hubungan antara variabel kuat. Korelasi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 25,5+0,98X, artinya setiap gaya belajar siswa naik satu unit, maka hasil belajar Matematika mengalami kenaikan sebesar 0,98. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara gaya belajar dengan hasil belajar Matematika. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar dan Matematika. date: 2019-09-24 institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurjanah, R. Siti and Budiana, Sandi and Sundari, Fitri Siti (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4301/1/2019%20PGSD%20R.%20SITI.pdf